Nino “T-Five” an Emcee and a Chef

Kebanyakan rapper mengisi kegiatan di luar manggungnya dengan membuka usaha wardrobe dan aksesoris panggung. Namun, berbeda dengan rapper yang satu ini, Nino Christian Marcus S. a.k.a Nino T-Five. Cowok kelahiran 5 September ini memilih untuk menekuni usaha di bidang kuliner dengan memasak sendiri menu dagangannya. Berbagai jenis masakan dari macam-macam negara, seperti Italia, China, Thailand, dan Indonesia telah dikuasainya. Meskipun sibuk dengan kegiatan manggungnya, cowok yang juga lyrics creator ini, selalu menyempatkan waktu buat pergi ke dapur kesayangannya.

Obrolan Hiphopindo.NET dengan Nino T-Five ini, nggak hanya membahas mengenai hobi memasaknya itu karena Hiphopindo.NET  juga mengupas sisi lain di belakang panggung seorang Nino T-Five. Saat ini, cowok kelahiran Biak-Papua Barat ini, sedang mempersiapkan pembuatan album ke-5 bersama grupnya, T-Five. Ia juga bakal buka-bukaan seputar persiapannya dengan T-Five sebelum tampil untuk live performance. Dengan ramah, cowok yang saat ini tinggal di Cimahi-Bandung, menjawab pertanyaan-pertanyaan dari Hiphopindo.NET dengan semangat dan candaan ringan. Langsung simak obrolan seru bareng Nino T-Five berikut ini.

— interview begins —

Hai Nino, apa kabar? Lagi disibukkan dengan kegiatan apa?

Hai juga, kabarku luar biasa. Terima kasih Hiphopindo.NET, sudah mau interview aku.

Kegiatan yang sedang menyibukanku sekarang ini cukup beragam, yakin mau tahu? He he he. Saat ini aku sedang sibuk mempersiapkan album ke-5 T-Five, maklum sekarang kami sudah self managed T-Five sehingga segala sesuatu yang dilakukan berasal dari insisatif sendiri –semua member T-Five-. Mulai dari materi lagu, jadwal take music dan vocal, sampai ke mixing/mastering serta rilis. Hopefully, 2011 ini album ke-5-nya T-Five sudah bisa ikut meramaikan belantika musik Indonesia.

Selain itu, setiap hari aku selalu membuat ‘spring rolls’ (lumpia). Mulai dari preparation sampai ke cooking, dan delivery ke toko-toko kue di kawasan Cimahi, Bandung, Jawa Barat. Maklum, belum terlalu besar usaha jualan lumpianya, jadi masih di-drop di toko-toko kue kecil aja sementara ini, he he he. Olahraga empat sampai lima kali dalam satu minggu supaya badan tetap fit dari hari Senin, Selasa, Kamis, Jumat, dan terkadang Sabtu.

Ya, segitu aja dulu kegiatan-kegiatannya, sisanya rahasia  bukan untuk konsumsi umum, tapi kalau mau tahu, mesti hangout bareng setiap hari , he he he.

Off Air Perform

Biasanya untuk satu kali perform, Nino butuh berapa kali latihan?

Biasanya butuh 1-3 kali latihan di studio untuk live perform), tapi kalau hanya untuk on air di TV cukup di rumah saja latihannya.

*lol, pasti lagi mikir kok yang nomor 2 ngga dijawab?

Ok Ok Allin, jawab di sini ya pertanyaan nomor 2-nya, hi hi hi. Kalau kegiatan perform off air untuk bulan Agustus ini off dulu meningat bulan Ramadhan. Namun, di luar bulan puasa untuk off air-nya biasa di acara-acara launching produk, pensi, birthday/anniversary-nya instansi (baik swasta maupun negeri), dan acara-acara yang lain. Nah, kalau untuk on air-nya sendiri lumayan sering juga akhir-akhir ini di acara-acara musik TV swasta nasional, such as Dahsyat, Mantap, etc. Mudah-mudahan setelah rilis album ke-5 T-Five nanti, on air-nya semakin banyak lagi. Amin.  Doakan ya!

Nino saat perform bareng T-Five

Selain latihan, persiapan apa lagi yang pasti diperhatikan sebelum manggung?

T-Five

  1. Check sampler lagu. Lagu harus dipastikan sudah masuk ke dalam alat looping (T-Five menggunakan looper/VS Yamaha). Maklum, untuk live performance-nya, T-Five tidak memerlukan adanya seorang bassist seperti live performance Usher Raymond.
  2. Menghafal ulang bagian lagu-lagu, baik itu lagu sendiri atau lagu orang lain yang ada di iPod atau Handheld, supaya semakin hafal. Jadi, saat live perform di atas panggung nantinya mudah untuk improvised.
  3. Kostum (biar keyen ). Re-check head wear, eye wear, aksesoris (kalung, gelang, dll), t-shirt/kemeja, baggie pants/short pants, belt, dan foot wear.
  4. Harus sound check sebelum perform, baik itu oleh crew atau diri sendiri,  sebab mempengaruhi kualitas hasil performance dan mood entertaining (penjiwaan lagu) saat perform. Saya suka heran dengan entertainer-entertainer yang suka malas sound check.
  5. Healthiness/kesehatan diri. Kalau sedang tidak enak badan, better take some medicine or vitamin biar semakin mantap kita perform-nya.

Live P.A.

  1. Check kesiapan minus one dan urutan/susunan song list.
  2. Kostum (biar keyen ). Re-check head wear, eye wear, aksesoris (kalung, gelang, dll), t-shirt/kemeja, baggie pants/short pants, belt, dan foot wear.
  3. Harus sound check sebelum perform, baik itu oleh crew atau diri sendiri,  sebab mempengaruhi kualitas hasil performance dan mood entertaining (penjiwaan lagu) saat perform. Saya suka heran dengan entertainer-entertainer yang suka malas sound check.
  4. Healthiness/kesehatan diri. Kalau sedang tidak enak badan, better take some medicine or vitamin biar semakin mantap kita perform-nya.

Lalu, untuk kostum panggung sendiri, style kayak gimana yang jadi favorit Nino?

Style yang casual but a lil bit sporty. Terkadang, semi rapi kayak Kanye West juga keren tuh, hi hi hi . Aduh, belum punya private wardrobe person juga sih, jadi apa adanya aja dan ngga terlalu neko-neko. Misalnya, kalau lihat ada rapper yang dandanannya keren dan disukai pasti coba untuk mengikuti wardrobe-nya dan create my own style tentunya.

Punya tempat belanja khusus nggak?

Sayangnya nggak ada, tapi saya agak fanatik dengan brand-brand tertentu. Luckily, di kota tempat saya tinggal, Bandung, selain disebut kota kembang, dijuluki juga kota factory outlet (FO). Jadi, untuk hunting kostum tinggal mengunjungi FO yang menjual kostum/aksesoris yang saya suka. Kadang saya juga hunting kostum/aksesoris ke Distro dan Skate shop.

Biasanya untuk aksi panggung, siapa yang jadi cermin untuk seorang Nino?

Saya banyak nonton live performance/concert dari semua musisi yang saya sukai dari segi musik dan karyanya. Yang different genres di luar genre Hip Hop/RnB juga saya tonton, loh. Jadi, sebenarnya tidak ada aksi panggung dari artis tertentu yang saya ‘cermin’kan. I just do what I felt right and entertaining while I’m on the stage .

Untuk Hip Hop, saya banyak lihat aksi panggung (live perform) dan video klip dari Tech N9ne, Snoop Dogg, Dr. Dre, Eminem, Ice Cube, Naughty By Bature, Run DMC, Public Enemy, Dilated Peoples, Nas, Mos Def, Ludacris, BEP, Furiuz Stylez, Impartairial, Dule, Mali Juana, Absolute, Kungpow Chickens, Iwa K., Sweet Martabak, The Law, Soulid, Xcalibour, Mizta D., Saykoji, dan masih banyak lagi. Kalau disebutin satu-satu, bisa lima halaman khusus nama rapper, nih.

Intinya, saya suka dengan aksi panggung semua artis yang entertaining dari genre musik apapun itu, baik yang underground atau yang mainstream.

Terhitung cukup lama di industri musik R&B, negara mana saja yang udah disambangi bareng T-Five untuk keperluan manggung?

Belum terlalu banyak. Untuk perform, baru mampir sebentar di Brunei Darussalam dan Malaysia.

T-Five

Pernah mengalami kejadian lucu nggak pas manggung?

Ada banyak, ha ha ha. Salah satunya kejadian waktu di Surabaya, T-Five perform satu panggung dengan Inul Daratista. Waktu itu, T-Five perform di depan massanya Persebaya Surabaya (bonek). Nah, saat T-Five melantunkan lagu “mIRC (Malam Ini si Ramli Chatting lagi)” live version, beda dengan yang di CD/kaset,  setiap member T-Five menyodorkan microphone ke penonton, yg notabennya sebagian besar adalah bonek, mereka selalu bertertiak atau menjawab dengan kata –maaf- “ASU”.

Contoh,  Si Ramli raja . . . (asuuu) Punya gebetan namanya . . . (asuuu) bikin Ramli bilang . . . (asuuu), emang Ramli raja . . . (asuuuu)

Ha ha ha lucu banget. Memang awalnya agak sedikit miris, tapi T-Five tetap fun aja. Malah member T-Five perform sambil ketawa-ketawa, dan lucunya hampir semua artis yg manggung saat itu kalau menyodorkan microphone ke penonton pasti jawabannya selalu “asu”

Saking sarkas-nya, mereka jadi kocak! I’m lovin’ it *I’m Lovin’ The Indonesian Culture* LMAO

Anyway, are you a chef?

Yep! Right now I’m a chef in my own kitchen.

Dulu, tahun 1998, pernah jadi chef juga di “Kedai Taman Atap”-nya Sasana Budaya Ganesha, ITB Bandung sebelum jalan bareng T-Five.

Ceritakan dong kenapa bisa senang masak memasak?

Hemm, gimana jawabnya, ya? He he he. Lemme put it this way, memang suka aja masak karena “civilized men can not live with out cook/chef” ha ha ha. Selain itu, background pendidikan saya juga dari Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung (enHaii). Di sana ambil Majority-nya “food production”, he he he. Diajarin masak air sampai empuk, lol.

Menu apa aja yang jadi andalan?

Andalan untuk disajikan? Wah, ngga ada.  Saya masih cupu kalau dibandingkan dengan juru masak lain, tapi kalau ditanya “Bisa masak apa?”, my answer is “I can cook European food, Italian food, Oriental food, Thailand, and Indonesian food”.

Mau dong Hiphopindo.NET dimasakin sama Nino, he he he. Sudah punya restoran atau cafe sendiri ya?

Boleh, kapan Hiphopindo.NET mau masak-masak? Saya bantu-bantu aja ya, he he he. Dulu, saya pernah bantu-bantu masak juga untuk tabloid Saji.

Amin, satu sampai dua tahun ke depan punya resto/cafe sendiri. Terima kasih untuk doanya ya Hiphopindo.NET

Ada waktu tertentu yang khusus disiapkan untuk masak nggak?

Sudah pasti ada karena harus ada work schedule-nya, preparation ingredients, and etc. Semua harus diatur sedemikian rupa supaya tidak tabrakan schedule-nya dengan kegiatan-kegiatan saya di luar memasak.

Sebagai cowok, Nino punya hobi lain nggak selain masak?

My hobbies? Banyak! Mostly related dengan computer, collecting unique stuffs, music, movies, TV series, histories, army stuffs, good food recipes, sports, socializing, magic, dan semua yang menambah wawasan, serta semua yang mendatangkan positive impact plus positive energy to me and my surroundings. That’s what I called life.

Sayang sekali obrolan yang seru ini harus berakhir, kapan-kapan dilanjut dengan pembahasan yang lebih menarik ya, Nino. Terima kasih sudah mau berbagi cerita dengan Hiphopindo.NET dan hiphopers Indonesia.

Terima kasih juga ya, Allin dan Hiphopindo.NET. Much success and respect!

Salam Hip Hop!

More info:

Twitter     : @Nino_TFive

Facebook: kondang[at]yahoo.com

Web           :  http://about.me/PaPeDa

Seperti Tertulis oleh  di http://hiphopindo.net

Leave N9 a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: